Pengenalan rocker arm offset

Inovasi Teknologi: Pengenalan Rocker Arm Offset Untuk Mesin 4 Klep

Rocker arm offset merupakan salah satu inovasi dalam dunia otomotif yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin motor. 

Sejatinya, rocker arm atau yang sering disebut pelatuk klep berfungsi sebagai alat penghubung antara noken as dan klep. 

Adanya inovasi dalam rocker arm ini, yaitu pergeseran posisi pelatuk, dimaksudkan untuk mengakomodasi penggunaan klep yang lebih besar di mesin motor.

Key Takeaway

  • Bintang Racing Team (BRT) telah mengembangkan rocker arm offset khusus untuk motor dengan 4 klep, sebagai solusi penggantian klep besar pada jenis motor tertentu.
  • Bintang Racing Team (BRT) menciptakan rocker arm offset khusus untuk motor 4 klep.
  • Tujuan dari pembuatan rocker arm offset ini adalah untuk mengakomodasi perubahan ketika klep besar digantikan.
  • Perubahan ini mengharuskan pelatuk klep dipindahkan ke kiri atau kanan dengan perbedaan 1 mm.
  • Rocker arm offset dari BRT menjadi solusi ketika mengganti klep besar pada motor seperti Yamaha MX, V-ixion, atau R15.
  • Tanpa rocker arm offset, batang klep tidak akan bertemu, dan jika dipaksakan, klep akan terpasang miring.

Mengapa Perlu Rocker Arm Offset?

Saat mesin motor ditingkatkan performanya dengan mengganti klep standar menjadi klep yang lebih besar, seringkali ditemui masalah dimana batang klep tidak dapat bertemu dengan pelatuk dengan tepat. 

Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam proses pembukaan dan penutupan klep, yang pada akhirnya dapat menurunkan efisiensi mesin. 

Oleh karena itu, diperlukan modifikasi pada pelatuk, dengan cara menggesernya sedikit ke kiri atau ke kanan, sehingga dapat memastikan bahwa kontak antara batang klep dan pelatuk tetap optimal.

Baca Juga :

Keunggulan Rocker Arm Offset

Dengan penggunaan rocker arm offset, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan antara lain:

  1. Peningkatan Efisiensi Mesin: Dengan kontak yang lebih baik antara batang klep dan pelatuk, proses pembukaan dan penutupan klep menjadi lebih optimal. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi mesin.
  2. Optimalisasi Performa: Motor yang menggunakan klep lebih besar tentu bertujuan untuk meningkatkan performa. Dengan rocker arm offset, potensi performa tersebut bisa dimaksimalkan.
  3. Durabilitas Mesin: Risiko kerusakan mesin akibat ketidakseimbangan antara batang klep dan pelatuk dapat diminimalisir.

Harga Rocker Arm Offset

Tentunya, inovasi seperti ini memerlukan investasi tambahan. Namun, mengingat manfaat yang didapatkan, harga antara Rp 350.000 sampai Rp 400.000 terasa sebanding. 

Apalagi, pembuatan rocker arm jenis ini dikerjakan dengan presisi tinggi menggunakan mesin CNC, menjamin kualitas dan durabilitas produk.

Kesimpulan

Teknologi rocker arm offset menjadi solusi cerdas bagi para pecinta otomotif yang ingin meningkatkan performa mesin motor mereka. 

Dengan investasi yang relatif terjangkau, manfaat yang didapatkan dari penggunaan komponen ini tentunya akan memberikan nilai tambah bagi performa dan durabilitas mesin motor Anda. 

Sebagai konsumen, penting bagi kita untuk terus mengikuti perkembangan teknologi otomotif agar dapat memaksimalkan potensi dari kendaraan yang kita miliki.